Mitos Tentang Ibu Hamil - TAWANITA
Headlines News :

Mitos Tentang Ibu Hamil

Update TAWANITASenin, 04 Juni 2012 | 18.08


Tawanita - PEREMPUAN hamil tidak hanya mengalami perubahan fisik. Dampak psikologis juga terjadi di dalam dirinya. Untuk itu Anda harus mengetahui beberapa perkataan berikut yang tidak pantas dikatakan kepada ibu hamil:

1. Anda pasti melahirkan melalui operasi sesar! Sebab sangat mudah!

2. Apakah Anda yakin akan memiliki anak lagi?

3. Oh, kamu hamil! Saya kira Anda terlalu banyak makan.

4. Anda hamil! Apakah terjadi sebelum atau setelah pernikahan?

5. Anda hamil kembar tiga? Anda terlihat besar!

6. Bukankah kau terlalu tua untuk punya anak lagi?

7. Wow, ada stretch mark!

Mungkin terdengar lucu bahkan kesannya tidak masuk akal, tapi ada beberapa ibu hamil yang mempercayai beberapa mitos terkait dengan kehamilannya. Berikut beberapa mitos yang sering beredar di masyarakat. Percayakah Anda?

1. Ibu Hamil Suka Dandan, Bayinya Adalah perempuan.

Dari beberapa mitos yang beredar, konon katanya kalau ibu hamil yang suka dandan maka anaknya perempuan. Tetapi sebaliknya jika ibu hamil tidak suka dandan maka anaknya laki-laki. Sebenarnya mengenai dandan ataupun tidak, itu hanyalah lebih kepada sekedar keinginan saja.
Jenis kelamin buah hati lebih ditentukan oleh kromoson sang ayah.
Bila kromosom X dari sperma ayah bertemu dengan kromosom X dari sel telur ibu, maka bayi perempuan.
Bila kromosom Y dari sperma ayah bertemu dengan kromosom X dari sel telur ibu, maka bayinya laki-laki.

2. Ibu Hamil Tidak Boleh Pakai Kutek (Cat Kuku) Dan Mengecat Rambut
Sebenarnya tidak ada masalah jika ibu hamil ingin mengecat kuku dan rambut, karena tidak ada alasan medis yang dapat membahayakan janin untuk melarangnya. Mungkin maksud dari mitos ini adalah sama halnya dengan makanan, yaitu ibu hamil sebaiknyaSama halnya dengan makanan, bumil sebaiknya menghindari kontak menghindari bahan-bahan kimia.

3. Berendam Dan Berenang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil.
Secara medis, hal inipun tidak memiliki alasan yang kuat untuk melarang ibu hamil berendam ataupun bahkan berenang. Fakta lain mengatakan, berenang merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang bagus untuk ibu hamil guna mempertahankan kekuatan otot tubuh.

4. Jika Ibu Hamil Makan Dengan Piring Besar, Janin Akan Besar. Jika Ibu Hamil Makan Pakai Sendok Besar, Bibir Bayi Akan Besar Juga.
Sebenarnya, tidak ada kaitannya antara makan menggunakan piring besar dengan janin akan menjadi besar. Mungkin maksud dari mitos ini adalah, jika ibu hamil makan dengan piring yang lebih besar maka porsi makan ibu hamil akan berlebih. Yang berujung pada janin nantinya akan besar juga. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit tapi sering dengan menu makanan bergizi seimbang.
Tentang makan menggunakan sendok besar, tidak akan mempengaruhi bibir bayi. Bentuk bibir dan organ bayi lainnya diturunkan secara ginetik mengikuti ayah, ibu ataupun kombinasi keduanya.

5. Ibu Hamil mengangkat Jemuran, Janin Bisa Terlilit Tali Pusar.

Fakta yang benar adalah : mengangkat barang-barang berat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena dikhawatirkan jika ibu hamil terlalu lelah akan mempengaruhi janin dalam perutnya. Jadi, jika janin terlalu aktif bergerak, kemungkinan tali pusar yang panjang dapat melilit si janin.

6. Berhubungan Seks Saat Hamil Bisa Menyakiti Janin Dan Membuat Janin Kotor Terkena Sperma.
Hubungan seks saat hamil tidak akan menyakiti dan tidak akan membahayakan janin.
FYI (For Your Information) : di dalam perut terdapat 7 lapisan perut, rahim, ketuban dan air ketuban. Sehingga janin terlindungi dari guncangan.

7. Ibu Hamil Menutup Lubang Dapat Menyulitkan Proses Melahirkan
Secara medis, proses melahirkan itu tergantung dari Power, Passage, Passanger.
Ukuran bayi (Passanger) yang tidak terlalu besar bisa melalui jalan lahir (Passage), tapi perlu didukung kontraksi (Power) agar jalan lahir bisa dibuka.

8. Ibu Hamil Tidak Boleh Menyiapkan Perlengkapan Bayi Sebelum Melahirkan.

Menyiapkan perlengkapan bayi sebenarnya perlu dilakukan sebelum lahir, supaya ibu nantinya tidak kerepotan. Mungkin maksud larangan tersebut, yaitu ibu dan suami harus lebih fokus mempersiapkan keperluan persalinan, salah satunya adalah dana persalinan.

9. Jangan Makan Sambal, Nanti Kepala Bayi Botak
Cabe ataupun makanan yang oedas tidak akan menjadi penyebab kebotakan. tapi ibu hamil penting untuk mengurangi makan makanan yang pedas agar tidak diare.

10. Jangan Makan Nanas Dan Jeruk, Bisa Keguguran
Nanas dan jeruk penuh dengan vitamin C, serat dan dapat membantu penyerapan zat besi, serta dapat menurunkan resiko infeksi prematuritas. Namun jika berlebih (lebih dari 1000mg/hari) dapat mengakibatkan maag.

11. Ibu Hamil Jangan Potong Rambut Karena Akan Memotong Jalan Lahir Bayi
Terpotongnya rambut ibu tidak menstimulasi bayi berada di posisi salah saat melahirkan. Mungkin maksud dari pesan mitos ini adalah agar ibu meningkatkan kewaspadaan agar bisa bersalin normal.

12. Ibu Hamil Jangan Menjahit Malam-malam, Bibir Bayi Bisa Sumbing
Bibir sumbing disebabkan gizi ibu yang buruk. Pesan mitos ini sebenarnya adalah meminta ibu lebih berhati hati karena cahaya dimalam hari yang kurang dapat memperbesar resiko tertusuk jarum.

13. Ibu Hami Tidak Boleh Makan Makanan Atau minuman Berwarna Gelap Karena Dapat Menyebabkan bayi Hitam
Sesungguhnya, warna kulit bayi ditentukan oleh fator ginetik kedua orangtuanya.

14. Ibu Hamil Duduk Atau Berdiri Di Depan Pintu Dapat Mengakibatkan Kelahiran Cesar
Duduk atau berdiri di depan pintu selain menghalangi oran gmasuk dapat menyebabkan ibu masuk angin dan kedinginan. Karena pintu adalah salah satu jalu keluar masuk aning.

15. Ibu Hamil Tidak Boleh Menyiksa Atau Membunuh Binatang Karena Bayi Akan Menyerupai Binatang Yang Disiksa Atau Dibunuh Tersebut.
Sekali lagi, secara medis hal ini tidak teuji kebenarannya karena rupa bayi diturunkan oleh faktor ginetik kedua orangtuanya. Namun dibalik mitos ini perlu diambil pesan moralnya, yaitu : Perilaku ibu dan suami dihimbau untuk dapa tmengendalikan emosi agar tidak menjadi contoh yang buruk bagi anak.
Sarankan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
previous previous
 
Home | Profile | Contact Us | Advertise | Join Us
Desain website dikutip.com
All Right Reserved - tawanita | Inspiring For Woman
CreavindoGroup 2010 - 2012 ©
Copyright © 2012 Creative Globalindo Group - All rights reserved